Halaman

Rabu, 13 Juni 2012

Bahasan tentang game MMORPG

Game MMORPG (massively multiplayer online role playing game).


          Game yang terbentuk sebagian besar dari petualangan melawan monster yang disediakan (PvE atau player versus environment), tapi tidak kalah dalam hal PvP (player versus player).
          Di game ini pasti disediakan karakter yang bermacam-macam dan style yg unik, perbedaan dari setiap karakter ada lah kemampuan dasarnya, dan job basicnya. 
          Di game MMORPG pasti disediakan quest atau mission  dengan mengikuti syarat tertentu akan medapat hadiah diantaranya exp, uang dalam game, dan barang yang dapat dipakai di game, Exp dapat membuat karakter kalian lebih cepat naik level karena biasanya expnya itu lebih besar dari pada anda hanya membunuh monster saja. Quest-quest ini biasanya dilakukan dengan cara ambil quest lalu selesaikan beberapa syarat, lalu kembali kepada orang yang ditentukan untuk melaporkan bahwa misi selesai baru anda mendapatkan imbalan. Biasanya quest ini membentuk cerita game itu
          nah biasanya di game-game ini disediakan pet untuk jadi teman bertualang dan membantu anda dalam beberapa hal. pet ini bisa di dapatkan dengan menyelesaikan misi tertentu atau dapat dibeli, biasanya dijual di IM (item mall). 
          Dan pastinya disediakan job-job unik yang membantu membuat karakter lebih kuat, job-job ini biasanya terbentuk dari Basic Job dan Job lanjutan. Basic job adalah job yang pertama kali anda pakai dalam sebuah karakter yang anda bikin, lalu dalam level tertentu anda bisa mengganti job menjadi job lanjutan.job lanjutan yang terdiri dari sekitar 1-3 job dalam level tertentu (contoh anda berlevel 20 dan sudah dapat berganti job, biasanya dalam pergantian job itu anda diberikan beberapa pilihan job.) dan anda dapat memilih salah satu dari beberapa job tersebut. dalam game MMORPG biasanya tidak hanya 1 kali berganti job, mungkin bisa 3-6 kali berganti job. Perbedaan dari job-job ini adalah kekuatan, skill, dan status karakter (contoh: STR, VIT, physical attack, physical deffend, magic attack, magic deffen, dsb.), biasanya dalam job-job ini memiliki sifat khusus contohnya ada job yang Physical attacknya besar sekali sehingga menghasilkan physical damage yang besar, lalu yang besar dalam pertahanan physic maupun magic, biasanya orang yang besar dalam pertahanan ini memiliki HP yang lebih banyak dibandingkan dengan yang lain, lalu sifat khusus yang biasanya menjadi terkuat adalah yang besar dalam magic attack, magic attack ini biasanya memiliki damage yang besar tetapi memiliki cooldown (jeda antara penggunaan hingga dapat digunakan kembali) yang cukup lama, di antara ini ada yang memiliki sifat support yang kuat, sifat ini dibutuhkan yang lain karena buffnya yang dapat menaikan attack damage ataupun yang sering digunakan yaitu menaikan deffend karena selain job yang khusus pertahanan biasanya memiliki deffend yang sangat kecil sehingga buff ini sangat berguna. jika ke 4 sifat tersebut bermain bersama dalam sebuah grup akan menjadikan mereka sangat ganas karena memiliki pertahanan yang kuat (dari job yang memiliki pertahanan yang kuat) yang dapat mengalihkan serangan musuh kepadanya sehingga orang lain tidak terkena damage, karena pertahanannya ini dia bisa diandalkan dan sulit dikalahkan karena pertahanan yang besar jadi biasa ada di barisan depan, lalu yang memiliki attack besar (physical maupun magic) dapat fokus menyerang musuh. lalu support yang memberikan buff yang berguna kepada yang lain (biasanya heal juga sering dipakai). 
          Dalam MMORPG ada kelompok yang biasa diberi nama guild atau clan, guild ini biasanya terdiri dari ketua, wakil ketua, pengurus, dan anggota.ketua harus bisa mengatur guild secara baik. wakil ketua dapat menggantikan ketua dan biasanya memiliki hak yang lebih sedikit dari pada ketua, pengurus berguna sebagai orang yang mewakili anggota untuk bekerja sesuai haknya yang diberikan oleh ketua (biasanya ketua dapat mengatur hak-hak wakil ketua, pengurus, maupun anggota), anggota (termasuk ketua, wakil ketua, dan pengurus) berguna untuk menaikan point guild yang berguna untuk guild tersebut. hak-hak yang ada di guild contohnya mengundang, mengusir, mengatur gudang guild, membuat aliansi dengan guild lain, mengatur aliansi, mendeklarasikan perang dengan guild lain, dsb.


Contoh game MMORPG : Atlantica, Forsaken, Allods, Jade Dinasty, Granado Espada, Luna, Rohan, Perfect World, Rf, Seal, Ragnarok.
Cukup sekian share saya tentang MMORPG game online pada umumnya

1 komentar: